Mencapai Sukses Dan Kemajuan Melalui Berpikir Kreatif

11 01 2012

Banyak orang percaya bahwa tujuan setiap masyarakat adalah kemajuan, namun kebanyakan dari kita tidak mudah untuk membiasakan pada sesuatu yang baru. Dibutuhkan waktu lebih atau kurang untuk setiap orang agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru, bahkan jika hanya menggunakan sebuah peralatan baru. Itulah alasan mengapa banyak orang berpegang teguh pada cara dan hal-hal yang lebih mudah bagi mereka untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kebiasaan.

Setiap orang setiap harinya hidup dengan kegiatan yang berulang, seperti mengemudi mobil, cara berpakaian, makan. Orang melakukan sebagian kegiatan ini secara otomatis, tanpa berpikir banyak. Operasi otomatis membantu otak untuk menghindari upaya yang tidak perlu, tetapi banyak orang juga menggunakan kemampuan alami otak ini dengan cara yang salah.

Mereka menciptakan “klise” untuk banyak kegiatan dalam hidup mereka, menggunakan ekspresi yang sama, makan makanan yang sama, dan pergi ke supermarket yang sama. Orang hidup dengan pandangan dunia yang sama pada seluruh hidup mereka. Hal ini jelas bahwa dalam kebanyakan kasus, kemalasan membuat mereka hidup dengan “klise” karena jauh lebih mudah bagi orang untuk membuat hal-hal yang menjadi kebiasaan, mengatakan frasa kebiasaan dan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari, maka menegangkan otak, menciptakan sesuatu yang baru, dan membuat kemajuan dalam hidup mereka.

Namun, ada masih banyak kegiatan, yang menuntut kreativitas, kemampuan untuk mengorientasikan kita dalam baru, situasi yang tidak biasa. Hidup membawa kejutan tiap harinya, dan kadang-kadang tidak mungkin bagi kita agar siap untuk semua keadaan. Situasi ekonomi dan politik dari negara manapun di dunia berubah setiap bulan atau tahun dan menyebabkan perubahan dalam banyak aspek kehidupan. Hari ini orang harus kreatif untuk maju, karena tidak mungkin untuk mencari pekerjaan yang menguntungkan, tanpa adanya perubahan dan keadaan yang tak terduga.

Ada sedikit orang, yang berpikir dan bertindak kreatif. Kebanyakan dari orang-orang yang pengusaha sukses, artis atau politisi, karena mereka dapat secara efektif menggunakan kemampuan alami otak untuk berpikir kreatif. Orang-orang kreatif dan imajinatif tidak hanya mencapai sukses bagi diri mereka sendiri; mereka juga berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat. Itulah sebabnya penting untuk melatih diri supaya menjadi kreatif dan menyingkirkan banyak pendapat “klise” dalam pikiran Anda.

Langkah pertama untuk berpikir kreatif adalah untuk memahami kegiatan yang memang membutuhkan “klise” (seperti operasi sederhana setiap hari seperti mengendarai mobil) dan kegiatan yang membutuhkan kreativitas (seperti pekerjaan, pendidikan bisnis, pendidikan anak-anak).

Kedua, melakukan kegiatan sehari-hari Anda seperti pekerjaan atau dalam keluarga secara kreatif, memperkaya pengetahuan Anda tentang bisnis Anda, dan menemukan cara baru untuk memperbaikinya, jangan takut untuk bekerja ekstra dengan otak Anda, karena dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan orang hanya menggunakan 4-5 % dari kemampuan otak mereka untuk berpikir.

Terakhir, namun bukan yang terakhir adalah untuk menyadari bahwa jika Anda adalah orang kreatif dan imajinatif, Anda tidak akan dikecewakan oleh keadaan hidup yang tidak terduga atau tidak biasa dengan perubahan karena Anda selalu dapat menemukan cara untuk menyesuaikan diri dan maju dalam hidup Anda.

disadur dari daily articles at readbud.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: