Belajar Bikin Web

12 11 2011

Menjelang berakhirnya kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI), kami diberi tugas oleh dosen yang bersangkutan untuk membuat suatu halaman web sederhana dengan hanya menuliskan kode html pada notepad. Tugas ini diberikan untuk mengenalkan kami pada Pengantar Pemrograman Berbasis Web. Awalnya saya pikir, “Kenapa kita tidak menggunakan program desain web seperti Dreamweaver atau sejenisnya”, ternyata alasan kependidikanlah yang mengharuskan saya memahami makna dari kode html dasar yang disediakan. Saya akhirnya tertarik untuk mempelajari kode-kode html tersebut dari awal.

Untuk pembuatan web itu sendiri, saya sudah coba googling dan menemukan satu tutorial yang menurut saya cocok dipakai untuk pemula seperti saya. File bisa didownload pada link ini. Selamat mengutak-atik kode yang ada..:D

Nah, setelah selesai pembuatan web di atas, kami juga berkewajiban untuk mempublikasikan web kami di internet. Saya coba mencari penyedia web hosting gratisan dengan googling lagi..:p dan pilihan saya jatuh pada 000webhost.com. Silahkan anda daftar dengan mengisi form yang disediakan.

Namun, yang namanya hosting gratisan jangan harap kita bisa menggunakan ekstensi web professional layaknya web yang sering kita kunjungi. Tapi yang terpenting dari semua itu, hosting gratis ini bisa kita manfaatkan untuk belajar. Betul tidak..;D

Tugas kita yang terakhir yakni mengupload file .html kita yang telah kita buat secara offline pada komputer kita. Langkah-langkahnya bisa kalian download pada link ini.

Ini web yang sudah saya coba buat..

 

Have a nice day..:)


Actions

Information

Leave a Reply

